Cara Unlock Bootloader Redmi Note 7 / 7 Pro

Unlock Bootloader Redmi Note 7 Pro

Halo sobat? Jumpa lagi dengan kami, portal media masa kini yang membahas tentang system operasi Android smartphone terupdate dan terbaru ! Belum lama ini, vendor smartphone Redmi yang merupakan sub-brand dari Xiaomi, meluncurkan varian terbaru dari Redmi Note 7 yang bernama Redmi Note 7 Pro.

Redmi Note 7 Pro merupakan produk smartphone kedua setelah Redmi lepas dari Xiaomi dan menjadi sub-brand.

Mesipun dari fitur tak jauh berbeda dengan pendahulunya, namun Redmi Note 7 Pro bisa dikatakan lebih baik. Pasalnya, pada versi Pro ini, telah ditunjang dengan prosesor Snapdragon 675 (telah mendapatkan peningkatan) serta sensor kamera Sony Exmor RS IMX586 48MP yang pastinya akan membuat pengguna merasa betah.

Meski begitu, tak jarang pengguna smartphone segahar Redmi Note 7 / 7 Pro ini masih ingin melakukan modifikasi / uprek guna mendapatkan tampilan ataupun performa yang lebih tinggi lagi.

Oleh sebab itu, langkah awal yang perlu kita lakukan saat ingin memulai uprek pada smartphone Redmi maka kita perlu melakukan Unlock Bootloader.


Apa itu Bootloader ?



Bootloader merupakan perangkat lunak yang bertugas untuk mengijinkan aplikasi apa saja yang akan di jalankan pertama kali saat ponsel di hidupkan/booting.

Bootloader lah yang mengizinkan kita untuk meload system android, masuk ke mode recovery ataupun mode fastboot.

Seperti yang saya sampaikan diatas, melakukan Unlock Bootloader merupakan langkah awal dan hal yang sangat penting terutama buat yang ingin memulai modifikasi/uprek pada smartphone Xiaomi. Hal ini dikarenakan bootloader yang terkunci akan membatasi pengguna untuk melakukan flashing, rooting ataupun memasang TWRP pada smartphone.


Apa Efek dari Unlock Bootloader ?



Setahu dan selama saya memakai ponsel Xiaomi yang sudah di unlock bootloadernya tak ada masalah serius yang saya alami.

Justu smartphone saya jadi makin mantul karena semakin mudah untuk melakukan flashing apabila terjadi bootloop, bisa pasang TWRP dan lain sebagainya. Jadi saya rasa tak ada hal menyeramkan yang akan terjadi ketika kita mengunlock bootloader.

Catatan :
Sebelum kita memulai tutorialnya, saya ingatkan melakukan Unlock Bootloader akan menghapus semua data pada smartphone kita (gambar, kontak, video, musik, pesan). Maka dari itu lakukan backup data - data penting tersebut ke PC/Komputer atau memory eksternal.
Oke, nggak perlu panjang lebar, langsung saja berikut ini tutorialnya :


Part 1 : Buat Akun MI


  1. Pertama - tama kita harus punya Akun MI. Bisa kita buat menggunakan smartphone Xiaomi yang akan kita unlock bootloadernya. Tapi kalau sudah punya ya tidak perlu buat lagi, tinggal masuk saja.
  2. Aktifkan USB Debugging dan OEM Unlocking pada Smartphone kita yang berada di Pengaturan/Setelan > Pengaturan/Setelan Tambahan > Opsi Pengembang. Atau jika pilihan Opsi Pengembang belum muncul di Pengaturan. Kalian bisa mengaktifkannya dengan cara masuk ke Pengaturan/Setelan > Tentang Ponsel / About Phone. Kemudian pada Versi MIUI kita pencet 7 kali hingga muncul tulisan "Sekarang kamu adalah seorang pengembang". Kemudian kita lihat lagi di Pengaturan Tambahan maka disitu akan ada Opsi Pengembang / Developer Option. Jika Opsi Pengembang telah muncul tinggal kita aktifkan saja USB Debugging dan OEM Unlocking.
    Oem unlocking
  3. Oh iya, aktifkan juga Aktivasi status MI Unlock. Caranya, buka Pengaturan > Setelan Tambahan > Opsi Pengembang > Status MI Unlock > Klik "Tambahkan Akun dan Perangkat". (Pastikan internet terhubung dan menggunakan SIM 1)
    Unlock Bootloader Redmk Note 7 Pro 1
  4. Tunggu beberapa saat dan akan muncul notifikasi popup "Berhasil ditambahkan. Akun Mi tertaut dengan perangkat ini sekarang"

Part 2 : Proses Melakukan Unlock Bootloader Menggunakan MI Unlock Tool


Sebelum memulai proses unlock bootloader, terlebih dahulu kita siapkan :
  • Komputer / Laptop yang telah menggunakan Windows 7/8/10 dengan koneksi internet yang stabil, entah itu menggunakan modem ataupun wifi.
  • USB / Kabel Data. 
  • Download dan Install Android USB Driver All Xiaomi Supaya smartphone kita bisa terdeteksi pada PC / Komputer. 
  • Download dan Ekstrak MI Unlock Tools pada PC / Komputer Miflash_Unlock.zip
  • Jika semua bahan - bahan di atas telah terpenuhi, langsung saja kita mulai prosesnya.
  • Pastikan pada Xiaomi kita telah ter log in Akun MI yang kita gunakan untuk mendaftar unlock bootloader. 
  • Pastikan juga PC / Komputer kita telah terhubung ke internet. 
  • Jalankan file Miflash_Unlock.exe yang berada di dalam folder Miflash_Unlock.zip yang sudah kita ekstrak di PC / Komputer sebagai Administrator (Run as Administrator). 
  • Pada MI Unlock Tools gunakanlah akun yang sama dengan yang kita gunakan untuk meminta izin Unlock Bootloader. 
  • Matiakan Smartphone, kemudian pencet dan tahan tombol Volume Bawah dan Tombol Power secara bersamaan. Sampai Xiaomi kita masuk ke mode Fastboot. 
  • Jika sudah, sambungkan Xiaomi kita ke PC menggunakan USB / Kabel Data. 
  • Pastikan smartphone telah terhubung dan terdeteksi oleh PC. 
  • Setelah terdeteksi oleh PC, Pada MI Unlock Tools kita klik Unlock. 
  • Tunggu beberapa saat sampai muncul status Unlock Succesfully.
    Cara Unlock bootloader redmi note 7 pro
  • Kemudian Klik Reboot Phone.
  • Done. 

Selamat kita telah berhasil melakukan unlock bootloader pada Redmi Note 7 / 7 Pro, dan kini kita bisa memasang TWRP, melakukan root ataupun ganti custom rom sesuai keinginan kita.

Oh iya, Dalam beberapa kasus, proses Unlock Bootloader tidak berjalan mulus. Nah, jika temen - temen mengalami kendala seperti yang saya tunjukan di atas, maka solusinya kita tinggal menunggu selama 72 jam atau 3 hari, baru kita coba lakukan unlock pada ponsel Xiaomi kita lagi.


Tutorial Unlock Bootloader Xiaomi

Hal ini wajar dan memang sering terjadi, intinya tetap tenang dan sabar ya. Sekian tulisan dari kami, apabila masih bingung atau kurang jelas, silahkan sampaikan lewat kolom komentar dibawah untuk kita diskusikan bersama. Share jika bermanfaat..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel