Fix Random Reboot Redmi 4X Setelah Ganti Rom/Kernel

Mengatasi Random Reboot pada Redmi 4X

Apakabar sahabat? Jumpa lagi bareng kami, portal media zaman now yang membahas semua tentang system operasi Android pada smartphone.

Buat yang hobi melakukan uprek atau modifikasi pada system operasi androidnya, bootloop, softbrick sampai hardbrick merupakan hal yang sudah biasa.

Kesalahan install rom, kernel ataupun file - file tertentu memang bisa memicu hal tersebut.

Namun bagaimana kalau proses installasi kernel/rom berjalan dengan lancar namun muncul sebuah masalah yaitu ponsel sering restart sendiri alias random reboot ?

Dan meskipun kita telah ganti rom ataupun ganti kernel masalah random reboot ini masih tetap terjadi.

Mungkin kita akan langsung mengambil kesimpulan "negatif" jika hal tersebut diakibatkan karena kerusakan pada bagian hardwarenya.

Namun sebelum kita berfikir seperti itu faktanya smartphone buatan Xiaomi merupakan ponsel tangguh. Yang mana, meskipun kita sering gonta ganti rom/kernel, jarang sekali kasus smartphone xiaomi mengalami kerusakan pada bagian EMMC.

Itu artinya sangat kecil kemungkinan random reboot/sering restart sendiri pada Redmi 4X terjadi akibat kerusakan pada hardwarenya.


Lah terus apa penyebab Redmi 4X mengalami Random Reboot setelah ganti rom/kernel ?

Ada 2 (dua) faktor penyebabkan terjadinya random reboot pada samrtphone android, diantaranya :

(1.) Bug Bawaan pada Rom/Kernel
Faktor pertama penyebab terjadinya random reboot pada smartphone android biasanya diakibatkan karena bug yang terdapat pada rom/kernel.

Baik itu rom official maupun unofficial (custom rom) yang namanya buatan manusia pastilah tidak sempurna. Maka dari itu coba untuk update ke versi terbaru/pindah ke rom lain atau kernel lain untuk memastikan hal ini.

Apabila dengan ganti rom/kernel masalah random reboot bisa teratasi. Maka memang benar jika penyebabnya adalah bug bawaan pada rom/kernel yang kita gunakan.

(2.) Rom/Kernel Tidak Cocok Dengan SC Smartfreen (Volte)
Yang satu ini merupakan masalah yang sering sekali ditanyakan di forum - forum Redmi 4X khususnya buat yang hobi gonta - ganti rom/kernel.

Banyak yang menanyakan semenjak ganti kernel/rom, smartphone jadi sering random reboot.

Saya sendiri juga pernah mengalami hal ini. Rom yang semula aman tanpa bug, tiba - tiba menjadi sering restart sendiri, namun saya belum sadar jika penyebabnya SC Smartfreen yang saya gunakan.

Sampai akhirnya saya baca - baca pada fitur dan changelog berbagai custom rom/kernel redmi 4X yang mana hampir 75% masih bug pada bagian "Volte".

Akibatnya meskipun sudah gonta ganti custom rom/kernel, masalah ini masih saja tetap terjadi selama kita masih menggunakan SC Smartfreen.

Solusinya, ganti SC Smartfreen atau kembali ke rom bawaan/base MIUI. Oh iya, untuk pengguna Redmi 4X, rom AEX 4.6 Official sudah mendukung Volte, jadi aman buat yang ingin make custom rom (base AOSP) tanpa bug Volte.

Bug Volte pada custom rom/kernel Redmi 4X memang bukanlah hal yang baru. Sayangnya banyak developmer yang belum bisa/belum sempat untuk memperbaiki hal ini.

Entah karena tidak punya SC Smartfreen atau sebab lainnya. Yang jelas sebagai para penikmat custom rom/kernel ada baiknya kita tak perlu mencela hal ini, karena membuild sebuah rom/kernel itu bukan pekerjaan yang mudah!

Kesimpulan : Kedua faktor diatas sebenarnya hampir mirip yaitu diakibatkan karena bug. Namun untuk faktor pertama kita akan mengalami random reboot baik menggunakan SC GSM (biasa), SC Smartfreen (Volte) ataupun tanpa SC. Namun untuk faktor kedua random reboot hanya terjadi saat kita menggunakan SC Smartfreen.

Mungkin cukup sekian dari kami, apabila dari teman - teman ada yang menemukan faktor lain penyebab random reboot pada smartphone android khususnya setelah insall rom/kernel bisa dituliskan pada komentar dibawah. Share jika bermanfaat..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel