Cara Aman Pasang Xposed Framework di Semua Android (Anti Bootloop)

Cara pasang Xposed Framework

Dalam dunia modifikasi system operasi Android, banyak cara bisa kita lakukan guna mempercantik, menambah fitur atau meningkatkan performa smartphone Android kita. Salah satu cara paling simpel dalam mengaplikasikan suatu modifikasi secara instan/simpel yaitu dengan menggunakan module Xposed.

Xposed Framework atau yang biasa disebut Xposed merupakan aplikasi yang memungkinkan kita untuk memodifikasi system Android secara mudah dengan menggunakan module. Artinya kita tidak perlu mengubek - ubek system Android kita untuk melakukan modifikasi, tinggal install module yang sesuai dan cocok untuk rom yang kita pakai, maka semuanya akan beres.

Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan membuat tutorial Cara Aman Pasang Xposed Framework di semua Android tanpa kuatir akan terjadi bootloop. Jadi buat temen - temen yang masih ragu atau takut buat pasang Xposed, silahkan baca tutorial ini supaya merasa tenang dan yakin kalo masang Xposed itu tidak akan mengakibatkan bootloop. Namun sebelum itu ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum kita mulai prosesnya :

Syarat :
  • Android sudah berstatus root menggunakan Magisk, jika belum silahkan root terlebih dahulu disini.
  • Menggunakan OS Android maksimal Oreo 8.1. Karena untuk saat ini, Xposed belum mendukung Android Pie (9.0)

Jika syarat - syarat diatas sudah terpenuhi, langsung saja kita mulai step by stepnya dibawah ini :

Cara Instal Xposed Framework semua Android
  1. Buka Magisk Manager
  2. Klik Unduhan/Download untuk mencari module Xposed Framework. Atau teman - temen juga bisa download Module Xposed Frameworknya dibawah.
  3. Jika sudah ketemu, langsung saja klik pasang/instal.
    Cara pasang xposed via magsik
  4. Module akan otomatis terdownload dan terinstal.
  5. Jika proses instal telah selesai, klik reboot supaya modulenya aktif.
  6. Pada reboot pertama biasanya akan sedikit lama, tapi tenang saja ini tidak akan bootloop.
  7. Setelah ponsel menyala, akan ada aplikasi baru bernama Xposed Installer.
    Cara instal Xposed
  8. Klik aplikasi Xposed Installer tersebut dan cek apakah benar - benar sudah terinstal.
  9. Jika semuanya sudah beres, Xposed sudah siap dugunakan untuk memasang module sesuai keinginan kita.
  10. Done.

Dalam beberapa kasus ada yang mengeluh setelah instal module Xposed tersebut smartphone tidak kunjung masuk ke system. Solusinya terpaksa kita harus uninstal module tersebut.

Cara Uninstal/Hapus Module Xposed Framework
  1. Jika ponsel dalam keadaan bootloop atau tak kunjung masuk system. Tekan tombol kombinasi untuk masuk ke TWRP/CWM sesuai smartphone masing - masing. Biasanya kalo Xiaomi tekan dan tahan tombol Volume Up + Power sampai masuk ke mode TWRP.
  2. Jika sudah masuk ke mode TWRP, klik Instal dan cari file Xposed Framework.zip (link ada dibawah). Atau jika kalian unduh module Xposed Frameworknya di Magisk Manager, biasanya file tersebut ada di folder Download.
  3. Flash module Xposed Framework tersebut untuk menguninstalnya.
  4. Reboot System.
  5. Done.

Atau jika tidak terjadi masalah bootloop tapi teman - teman ingin menguninstal module Xposed Framework tersebut, tinggal hilangkan tanda centang dan klik icon tong sampah pada module kemudian reboot.

Download File

Kenapa saya berani menjamin tutorial yang saya buat ini aman dan anti bootloop ??? Pada dasarnya module yang bekerja pada magisk bersifat systemless, artinya module tersebut tidak akan merubah/memodifikasi system sehingga kemungkinan bootloop akan sangat kecil. Berbeda jika kita menginstal Xposed Framework secara langsung, salah instal file saja, bisa berakibat bootloop. Selain itu, kelebihan lain dari pemasangan Xposed Framework menggunakan Module Magisk adalah, kita bisa menguninstalnya dengan cara flash/instal file module tersebut, jadi kita tak butuh file uninstaller lagi.

Karena tutorial ini hanya diperuntukan untuk OS Lolipop sampai Oreo saja. Maka buat temen - temen yang mengguankan OS Pie bisa menggunakan Xposed Framework Unofficial Pie jika ingin menggunakannya juga.

Mungkin sampai disini dulu pembahasan kita mengenai Cara Aman Pasang Xposed Framework ini. Jangan lupa untuk selalu kunjungi blog ini untuk mendapat informasi terbaru seputar dunia modifikasi Android.
Sekian tulisan dari kami, Share jika bermanfaat..

Post a Comment for "Cara Aman Pasang Xposed Framework di Semua Android (Anti Bootloop)"