Cara Instal File .zip Lewat TWRP/CWM (Custom Recovery)

Cara Flash file di TWRP

Buat temen - temen yang sudah akrab dengan dunia uprek/modifikasi smartphone Android, pastinya tidak asing ya dengan yang namanya flash/instal file lewat Custom Recovery (TWRP, CWM). Seperti namanya, Custom Recovery merupakan mode recovery yang telah dimodifikasi guna memberikan lebih banyak manfaat serta fitur ketimbang stock recovery (recovery bawaan) yang fiturnya sangat terbatas.

Dengan custom recovery, kita bisa menginstal berbagai file yang berguna untuk menunjang proses modifikasi Android seperti Tweak, Custom Kernel, Rom dan lainnya. Sangat jauh berbeda dengan stock recovery Android yang hanya bisa menginstal update rom official saja.

Dalam dunia modifikasi, menginstal/memflash file lewat custom recovery memang menjadi makanan sehari - hari, apalagi yang sudah kecanduan uprek. Hal ini karena tuntutan proses modifikasi yang sebagian besar filenya dibuat oleh para developmer untuk di instal lewat TWRP guna mempersingkat waktu dalam menerapkan suatu modifikasi ketimbang memasang secara manual. Selain itu, tidak semua file bisa dipasang secara manual dalam proses modifikasi Android, contonya Rom/Custom Rom atau Kernel. Oleh sebab itu pengetahuan tentang cara instal/flash file lewat TWRP menjadi hal yang perlu dan penting untuk kita ketahui.

Buat yang sudah ahli dalam modifikasi Android mungkin tutorial yang saya tulis ini terasa sudah basi dan tidak perlu. Akan tetapi, buat temen - temen yang baru saja terjun di dunia uprek Android, saya rasa pengetahuan tentang cara flash file di TWRP harus benar - benar difahami supaya kedepannya tidak bingung atau takut dalam mengeksekusi suatu file yang harus di flash via TWRP. Oke, nggak perlu berpanjang lebar, langsung saja akan saya jelaskan step by stepnya :

Cara Instal File .zip Lewat TWRP/CWM (Custom Recovery)

  1. Pastikan kita telah memasang/mengganti stock recovery kita dengan custom recovery entah itu CWM atau TWRP
  2. Matikan smartphone kita (shutdown) kemudian tekan dan tahan tombol volume up + power atau volume up + volume down + power secara bersamaan sampai smartphone menyala. (tiap smartphone punya tombol kombinasi yang berbeda - beda untuk masuk ke mode recovery, jadi silahkan coba salah satu dari 2 cara yang saya tulis diatas)
  3. Setelah masuk ke mode TWRP/CWM, jangan terburu - buru untuk flash/instal file modifikasi yang kita inginkan. Saran saya lakukan backup rom untuk berjaga - jaga apabila terjadi bootloop karena file yang kita instal eror. Caranya, pilih Backup kemudian centang/pilih yang System dan Boot saja untuk Data tidak usah (opsional)
    Cara Backup rom di TWRP
  4. Jika yang akan kita flash merupakan file Rom/Custom Rom. Maka kita harus melakukan Wipe terlebih dahulu dengan pilihan Advance Wipe kemudian pilih Dalvik Cache, Data, System dan Cache saja. (Biasanya beda TWRP/CWM tampilannya beda tetapi intinya yang kita Wipe itu System dan Data saja, untuk SD Card dan Internal jangan di Wipe)
    Cara wipe rom via twrp
  5. Kembali ke tampilan utama TWRP dan pilih Flash/Install.
  6. Cari dan klik file .zip yang akan kita flash/install. (Usahakan teliti, jangan smpai salah instal file karena bisa beralibat gagal booting/bootloop)
  7. Jika file tersebut sudah benar dan kita sudah yakin, silahkan mulai proses instal/flash.
    Cara file file zip di TWRP
  8. Apabila proses telah berhasil/selesai, akan muncul pilihan untuk Wipe Cache, kita bisa mengiyakan atau mengabaikanya, namun saran saya tidak usah.
  9. Setelah itu, silahkan pilih menu Reboot kemudian pilih System supaya ponsel kembali menyala ke mode biasa.
    Cara keluar mode TWRP
  10. Jika proses berjalan dengan lancar, ponsel akan menyala dan modifikasi yang kita terapkan akan mulai bekerja.
  11. Done.

Catatan : Pada contoh ini, saya menggunakan TWRP Orange Fox di smartphone Xiaomi Redmi 4X.

Apabila setelah install file lewat TWRP ponsel tidak mau menyala ke tampilan utama (bootloop), jangan panik dulu, tekan dan tahan kombinasi tombol untuk masuk ke mode TWRP/CWM, lalu pilih Restore kemudian pilih file backup yang telah kita siapkan sebelumnya, tunggu sampai proses restore selesai, jika sudah, reboot ke system dan insyaAllah smartphone akan kembali seperti semula.

Melakukan modifikasi Android terutama flash file lewat TWRP memang cukup beresiko. Maka dari itu selalu lakukan backup sebelum kita mengeksekusi suatu file di TWRP/CWM.

Sekali lagi saya tegaskan tutorial ini saya khsuskan buat temen - temen yang masih awam tapi ingin belajar dunia modifikasi Android. Intinya jangan takut mencoba dan jangan takut gagal.

Mungkin sampai disini dulu pembahasan kita mengenai cara instal file .zip lewat TWRP atau CWM ini. Buat temen - temen yang masih bingung dan takut silahkan tanyakan saja tap perlu sungkan, InsyaAllah saya balas. Sekian tulisan dari kami, Share jika bermanfaat..