Apa itu Camera2API ?

Apa itu Camera2 API
Camera2API?

Camera2API merupakan sehuah kerangka kerja yang berguna untukmengijinkan pengguna atau pengembang Android dalam mengakses fitur manual kamera layaknya DSLR seperti eksposur, ISO, fokus sistem, sehingga kita bisa melakukan setting yang lebih detail dalam mengambil gambar/video menggunakan aplikasi kamera khusus yang mendukung fitur Camera2 API tersebut.

Keuntungan ketika kita telah mengaktifkan fitur Camera2API pada smartphone Android adalah, kita bisa mengakses kontrol manual penuh terhadap sensor, lensa maupun lampu flash guna memberikan frame rate yang lebih baik (mode burst 30 fps). Selan itu, dengan aktifkan fitur Camera2API, smartphone kita juga akan mendapatkan dukungan format RAW, kontrol HDR + dan fitur-fitur canggih lainnya yang tidak dimiliki smartphone standar (camera2apinya belum aktif.

Salah satu aplikasi kamera yang membutuhkan keberadaan fitur Camera2API  adalah Google Camera Mod (GCam), yang mana ini merupakan sebuah aplikasi camera pihak ke-3 terbaik yang ada sampai saat ini.

Ya, dengan GCam kita bisa mengambil foto dengan setingan manual layaknya setingan pada kamera DSLR. Selain itu, jepretan gambar yang dihasilkan menggunakan aplikasi GCam sangat tajam dan jernih. Hampir mirip dengan hasil gambar yang dihasilkan kamera DSLR.

Bagaimana Cara Mengecheck apakah smartphone Android kita sudah suport Camera2API ?

Sebenarnya, fitur camera2API merupakan fitur bawaan smartphone Android. Fitur ini sudah diperkenalkan sejak kemunculan Android Lolipop. Hanya saja, fitur ini memang sengaja dimatikan (tidak diaktifkan), sehingga kita perlu mengaktifkannya secara manual.

Penjelasan camera2api

Namun, Sebelum kita mengaktifkan Camera2API, ada baiknya kita cek terlebih dahulu apakah perangkat Android kita sudah support untuk Camera2API. Karena untuk ponsel keluaran terbaru khususnya yang smartphone Flagship sudah mendukung fitur ini secara otomatis.
  • Download dan install Aplikasi Camera2 API Probe (Play Store).
  • Kalau sudah jalankan aplikasi dan lakukan pengujian.
Cara Cek Camera2API

Pada gambar di atas, terlihat contoh pengujian pada Hardware Support Level dengan hasil sebagai berikut :

LEGACY : hanya support Camera1 API, sama sekali tidak mendukung Camera2 API kecuali diaktifkan terlebih dahulu;
LIMITED : hanya mendukung sebagian fitur (tidak semua) dari Camera2API;
FULL : telah mendukung semua fitur dan kemampuan dari Camera2 API (termasuk HP Poco F1);
LEVEL_3 : telah mendukung YUV reprocesing dan pengambilan gambar dengan format RAW meski dengan pengaturan tambahan.
Camera ID : 0 hasil uji untuk kamera belakang;
Camera ID : 1 hasil uji untuk kamera depan.
Kalau HP kamu sudah support Camera2 API (status : FULL centang hijau).

Nah, apabila smartphone temen - temen belum aktif camera2API nya maka kita perlu mengaktifkannya terlebih dahulu supaya bisa memasang aplikasi GCam Mod.

Untuk mengaktifkan Camera2API ada 3 cara yang bisa dipilih salah satu sesuai selera.


Oh iya untuk smartphone Realme sedikit beda cara mengaktifkan Camera2APInya karena dari pihak dev sudah mempermudah prosesnya.


Nah, jika smartphone temen - temen sudah aktif Camera2APInya, maka tinggal instal saja aplikasi GCam Mod sesuai selera. Mau yang Gcam Pixel 2 atau Pixel 3.




Mungkin cukup sampai disini dulu pembahasan dari kami mengenai Apa itu Camera2API ini.

Jan lupa untuk selalu kunjungi portal media kekinian ini untuk mendapat informasi terbaru seputar dunia modifikasi Android secara gratis! Sekian dari kami, Share jika bermanfaat..

0 Response to "Apa itu Camera2API ?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel