[Module Magisk] Disable Thermal Throttle Max Pro M1 (X00T/X00TD)

Disable Thermal Throttle Max Pro M1

Thermal Throttle / Thermal Engine merupakan fitur yang berguna untuk membatasi panas berlebih pada smartphone Android yang sering terjadi ketika kira melakukan aktifitas berat seperti bermain game - game HD atau terlalu banyak membuka aplikasi secara bersamaan yang berakibat prosesor akan bekerja dengan kerad sehingga memicu panas.

Nah, dengan adanya Thermal Throttle ini, secara otomatis penggunaan prosesor akan dibatasi ketika sudah mencapai temperatur tertentu sehingga kemungkinan terjadinya panas berlebih/overheat akan diminimalisir.

Dari penjelasan di atas temen - temen mungkin sudah faham ya apa yang di maksud dengan Thermal Throttle pada Android. Secara garis besar thermal throttle ini memang sangat bermanfaat. Selian bisa membuat smartphone jadi tetep adem, hardware Android juga otomatis akan lebih awet.

Tetapi, buat para upreker yang gila performa tanpa memperdulikan kemungkinan panas berlebih ketika memacu prosesor secara berlebih demi mendapatkan pengalaman gaming atau multitasking yang maksimal. Keberadaan Thermal Engine ini akan sangat mengganggu, karena ketika prosesor bekerja secara berlebih dan mencapai suhu tertentu, otomatis Thermal Engine akan mematikan beberapa core dan menurunkan frekwensinya yang berakibat menurunnya performanya.

Contoh :
Saat ponsel mulai terasa panas, game biasanya akan mulai ngelag dan frame drop. Ini diakibatkan karena penggunaan prosesornya dikurangi oleh si thermal engine.

[Module Magisk] Disable Thermal Throttle Max Pro M1 (X00T/X00TD)

Sebagian besar smartphone keluaran terbaru sudah dipasang fitur thermal engine, salah satunya yaitu ASUS Zenfone Max Pro M1.

Max Pro M1 adalah ponsel gaming buatan Asus yang nenawarkan harga murah tapi tidak murahan. Hampir semua game - game HD bisa dilibas dengan lancar menggunakan Max Pro M1, seperti PUBG, AOV, COD atau Vainglory. Ponsel ini juga tidak cepat panas dan baterainya sangat badak alias awet banget.

Namun, saat kita sudah sangat lama bermain game pada Max Pro M1, terkadang terasa sedikit frame drop atau lag yang diakibatkan oleh Thermal Engine ini. Itulah sebabnya saya menulis artikel ini untuk membantu temen - temen yang hobi banget main game di Max Pro M1 dan paling gemes kalo udah frame drop.

Solusinya, kita bisa menggunakan bantuan Module Magisk Disable Thermal Throttle supaya fitur thermal tadi tidak aktif sehingga tidak mengganggu kita saat bermain game ataupun melakukan hard multitasking.

Syarat Pasang :
  • Max Pro M1 sudah Root menggunakan Magisk

Cara Pasang / Install Module Disable Thermal Throttle Max Pro M1
  1. Download Module Disable Thermal Throttle.zip
  2. Pasang Module via Magisk Manager atau Flash via TWRP
  3. Reboot Smartphone
  4. Done & Enjoy!

Catatan : Module ini tidak akan mengakibatkan bootloop.

Cara Hapus / Uninstall Module Disable Thermal Throttle Max Pro M1
  1. Buka Magisk Manager.
  2. Pilih Module lalu hilangkan centang sekaligus klik logo tong sampah di samping module Thermal Throttle.
  3. Reboot System.
  4. Done.

Sejatinya, fitur thermal engine ini dipasang pada bagian kernel. Bahkan saat ini sudah banyak custom kernel Max Pro M1 yang menyediakan pengaturan pada bagian thermal yang bisa disetting sesuai selera dengan bantuan aplikasi Kernel Manager atau Kernel Auditor.

Mungkin cukup sekian pembahasan kita mengenai Cara Mematikan Thermal Engine pada Max Pro M1 ini. Jan lupa kunjungi terus blog ini supaya terus update info terbaru seputar modifikasi Android!
Pentol Chan 🥰
Pentol Chan 🥰 Belom bootloop belom ganteng 🍻

Post a Comment for "[Module Magisk] Disable Thermal Throttle Max Pro M1 (X00T/X00TD)"